LOGO diperta
Beranda > Berita > Poktan Subur Makmur Mengikuti Kegiatan Sosialisasi Tabela (Tanam Benih Lan…
Berita Utama

poktan Subur Makmur mengikuti kegiatan Sosialisasi TABELA (Tanam Benih Langsung) dengan penambahan Serbuk Besi dan Gypsum " Konabijin" pada benih Padi yang diselenggarakan oleh My Farm Indonesia.

Posting oleh dipertalobar - 7 Feb. 2024 - Dilihat 80 kali

         Bertempat di poktan Subur Makmur Desa Selat Kec Narmada, kegiatan ini dilaksanakan dari Persiapan tanam-Panen.Kegiatan ini didampingi langsung  oleh Varsha dkk dari My Farm indonesia dan Nely Amelia, SP selaku penyuluh Pertanian Desa Selat.

Pelaksanaan kegiatan berlangsung sejak bulan Januari 2024. Tanggal 08 Januari 2024 dilakukan coating benih /pelapisan serbuk besi yang berfungsi sebagai pemberat dan pelindung benih sehingga benih tidak mudah bergeser atau tidak sukai hama/serangga, sedangkan gypsum sebagai perekat serbuk besi.Tanggal 17 januari 2024 dilakukan Penanaman menggunakan alat DrumSeeder.

Luas lahan kelompok yg diuji coba dengan menggunakan tabela kurang lebih 0,90 Ha di 7 Orang anggota kelompok Tani Subur Makmur.

Adapun manfaat dalam menerapkan sistem Tabela ini, antara lain :
1. Menghemat tenaga kerja (tidak memerlukan persemaian)

2. Meningkatkan area budidaya dengan tenaga kerja yang sama

3. Mengurangi biaya produksi

4. Mengurangi serangan burung setelah tanam

5. Mencegah penyakit, seperti penyakit jamur patogen

6. Tidak bergerak setelah ditanam Karena efek pemberat (=penanaman dengan kondisi lahan berair juga dimungkinkan).

Adanya inovasi dan teknologi tanam benih langsung (tabela) dari My Farm Indonesia dengan penerapan penambahan serbuk besi dan gypsum pada benih padi terasa lebih efisien di tingkat petani. Karena dari segi usaha tani dapat mengurangi biaya produksi dan mengurangi biaya tenaga kerja yg dilakukan.
#BPPNarmadaBerkaryeBarengPetani


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *