LOGO diperta
Beranda > Berita > Bimtek Penguatan Kapasitas Penerap Standar Instrumen Pertanian Mendukung P…
Berita Utama

BIMTEK Penguatan Kapasitas Penerap Standar Instrumen Pertanian Mendukung Peningkatan Produksi Padi & Jagung di NTB

Posting oleh dipertalobar - 20 Feb. 2024 - Dilihat 206 kali

Hai Sobat Tani,

Dalam rangka peningkatan dan penguatan kapasitas petani, penyuluh, POPT dan pelaku usaha di bidang pertanian, Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian (BPSIP) NTB melaksanakan Bimbingan Teknis Penguatan Kapasitas Penerap Standar Instrumen Pertanian mendukung Peningkatan Produksi Padi dan Jagung di NTB pada hari Kamis, 15 Pebruari 2024.

Pelaksanaan bimtek tersebut di atas bertempat di Ujung Landasan Restaurant dan Convention Hall Jl. By Pass Bill, Dusun Tapen Kec. Gerung Kab. Lombok Barat, yang dihadiri oleh berbagai komponen pelaku utama, yaitu: Penyuluh Pertanian, POPT, petani, penangkar benih se kabupaten Lombok Barat.

Dalam kegiatan ini turut hadir juga antara lain: Plt Kepala Dinas Pertanian Kab. Lombok Barat, Sekretaris Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi NTB, Kepala Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian NTB, BPTP NTB, Koordinator dari 10 BPP Kecamatan se Lobar, Pengurus DPD Perhiptani Lobar dan BABINSA.

Acara diawali dengan sambutan oleh Muhamad Taufik, SP., M.Ling., selaku Plt Kepala Dinas Pertanian Kab.Lobar. Dalam sambutannya, Pak Opick begitu beliau biasa dipanggil, mengapresiasi diadakannya kegiatan Bimtek karena yang sangat di butuhkan oleh penyuluh maupun petani terutama menghadapi kondisi pertanian saat ini yaitu meningkatkan kapasitas dan kebersamaan membangun pertanian lebih maju mandiri moderen dengan adanya kegiatan ini akan mendapatkan Bimbingan tehnis tentang Standarisasi Pertanian dalam hal ini terfokus pada peningkatan produksi Padi & Jagung yaitu bagaimana penerapan  Good Agriculture Practice (GAP) & Good Handling Practice (GHP) sesuai anjuran teknis.

Selanjutnya dalam kesempatan yang sama, Kepala BSIP NTB, Dr. Ir.  Awaludin Hipi, M.Si., menyampaikan bahwa pertanian saat ini tidak biasa-biasa saja,termasuk kita di NTB karena sedang mengalami pergantian musim dari elNino biasa menjadi Gorila elNino yang kita rasakan saat ini,untuk itu perlu kita cari solusi bersama, salah satunya ada beberapa program prioritas Kementrian Pertanian yaitu tugas kita adalah bagaimana untuk meniadakan adanya impor beras itu, tahun 2024 di harapkan bisa setengah impor ini bisa kita kondisikan.impor beras kita tahun 2023 kemarin ada targetnya 3,5 JT ton ,begitu juga dengan jagung ada target impornya 500 Rb ton di harapkan di tahun 2024 kita tidak lagi untuk impor .

Tahun 2025 di targetkan kita sudah swasembada, di NTB kita surplus dan sudah membantu daerah tetangga baik NTT, BALI, Surabaya namun sekarang oleh pemerintah daerah peraturannya tidak boleh ada yang membawa gabah keluar daerah ,yang boleh di bawa keluar adalah beras karena memiliki nilai tambah yang tinggi (peningkatan nilai tambah yang tinggi) di NTB merupakan  salah satu penyumbang produk jagung untuk Nasional  dan salah satu penggagas harga jagung kian meroket."ujar Kepala BSIP NTB menutup sambutannya.

Kemudian dalam arahannya, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi NTB yang diwakili oleh Sekretaris Distanbun Provinsi NTB, Ni Nyoman Darmilaswati, SP., mengharapkan dengan bimtek ini akan meningkatkan produksi padi dan jagung dengan penerapan GAP juga GHP sehingga menghasilkan benih berkualitas yang unggul dan ramah lingkungan dan juga penggunaan pupuk organik dan pengendalian menggunakan agens hayati.

Acara bimtek dilanjutkan dengan bincang santai serta konsolidasi antara Formatur pengurus DPW  Perhiptani NTB yang terpilih pada tanggal 3 Pebruari 2024 lalu dengan pengurus dan anggota DPD Perhiptani Kabupaten Lombok Barat. Dalam konsolidasi tersebut akan dilakukan program kerjasama jangka pendek, menengah dan panjang berupa kolaborasi antara DPW dan DPD se-NTB sebagai sumbangsih dalam meningkatkan serta membangkitkan penyuluhan pertanian lebih maju mandiri moderen di masa yang akan datang.

Kita tidak bisa menarik langkah kita untuk kembali ke masa silam,
Namun, kita masih punya kesempatan untuk membuat langkah baru di kisah selanjutnya..

Stay healthy and happy always

Bidang Humas & Publikasi Perhiptani Lobar
_________________________
Ayo follow, Subscribe, Like, Share dan Update Informasi tentang kegiatan Perhiptani Lobar melalui akun media sosial kami :
FB  : Perhiptani Lobar 
IG  : @perhiptanilobar
YT  : Perhiptani Lobar Channel


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *