Visi dan Misi

Visi dan Misi

Dengan mengacu pada Visi Pembangunan Kabupaten Lombok Barat periode 2014 – 2019 yaitu “ Terwujudnya Masyarakat Lombok Barat yang Unggul, Mandiri, Sejahtera dan Bermartabat dengan dilandasi Nilai – Nilai Patut, Patuh Patju “ serta dinamika lingkungan strategis, maka Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Barat telah merumuskan visi sebagai berikut :

VISI : Terwujudnya Pertanian Maju, Mandiri, Berkelanjutan dan Berdaya Saing yang berwawasan agribisnis dengan Berbasis Sumber Daya dan Budaya Lokal.

Visi ini dapat dijabarkan dengan penjelasan sebagai berikut:

Maju : Pertanian Maju adalah pertanian yang berorientasi pasar dengan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan secara terpadu dengan pemanfaatan teknologi tepat guna dan teknologi pertanian terkini dengan berbasis pada pengelolaan sumber daya secara optimal dan profesional.

Mandiri : Pertanian Mandiri adalah pertanian yang berorientasi pada pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya dan budaya lokal secara optimal untuk memenuhi kebutuhan produk pertanian baik untuk didalam maupun kebutuhan diluar daerah.

Berkelanjutan : Pertanian Berkelanjutan adalah pertanian yang berorientasi pada pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya pertanian secara bijaksana dan berwawasan lingkungan sehingga potensi pertanian dapat dipertahankan sampai pada generasi–generasi berikutnya.

Berdaya Saing : Pertanian Berdaya Saing adalah pertanian yang berorientasi pada peningkatan atau standarisasi mutu produk pertanian, kesinambungan kuantitas produksi dan dinamika produksi yang sejalan dengan dinamika pasar.

Sejalan dengan Misi Pembangunan Kabupaten Lombok Barat periode tahun 2014 – 2019, pada misi ke-1 yaitu “Meningkatkan Daya Saing Daerah Berdasarkan Sektor Unggulan Berbasis Sumber Daya Lokal, Budaya dan Iptek” dan pada Misi ke-4 yaitu “Mengembangkan Infrastruktur dan Aksesibiltas dengan pendekatan kewilayahan dan kelestarian lingkungan hidup, maka Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Barat telah menetapkan MISI Sebagai Berikut:

  1. Mewujutkan Ketahanan Pangan Masyarakat Serta Wiraswasta Agribisnis yang Maju, Mandiri, Kreatif, Inovatif yang Mampu Memanfaatkan Iptek dan Sumber daya Lokal dalam Mendukung Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Daerah.
  2. Memantapkan Sistem Penyuluhan Pertanian yang Komperhensif dan Terpadu Guna Mewujutkan Penyuluhan yang Efektif dan Efisien.
  3. Meningkatkan Kinerja Pelayanan Aparatur Kepada Masyarakat.
Sambutan