In House Training Parasitologi

Foto untuk : In House Training Parasitologi
Share

Dalam rangka melaksanakan kegiatan aktualisasi Latsar dan Prajabatan CPNS Gelombang II Kabupaten Lombok Barat Tahun 2019 untuk mendukung program pengendalian penyakit hewan serta mengoptimalkan fungsi dari Laboratorium Kesehatan Hewan dinas pertanian maka perlu diadakan In House Training parasitologi untuk meningkatkan keterampilan bagi petugas laboratorium dalam melakukan pengujian dan bagi petugas lapangan dalam melakukan pengambilan sampel.

In House Training ini berlangsung 1 hari pada hari Kamis, 28 November 2019 di Laboratorium Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Barat diikuti sebanyak 11 peserta terdiri dari paramedik veteriner bidang kesehatan hewan dan paramedik veteriner di UPTD Se Kecamatan di Lombok Barat. In House Training dipandu oleh drh. Riski Marisa selaku staf bidang kesehatan hewan sekaligus peserta Latsar dan Prajabatan CPNS Gelombang 2 Kabupaten Lombok Barat Tahun 2019. In House Training ini sangat diperlukan agar laboratorium berfungsi secara optimal sebagai dasar peneguhan diagnosa untuk membantu pelayanan kesehatan hewan dan menanggulangi penyakit hewan menular sehingga dapat menciptakan peluang ekonomi dalam rangka peningkatan pendapatan peternak dan menciptakan lapangan kerja serta pemanfaatan sumber daya alam.

Agenda kegiatan dimulai dengan memberikan soal pre test untuk mengetahui kemampuan peserta sebelum dilaksanakan In House Training dilanjutkan dengan penyampaan materi terkait cara pengambilan sampel feses, kerokan kulit dan pembuatan preparat ulas darah saat dilapangan. Materi tentang cara penyimpanan sampel, sampel feses sebaiknya diperiksa langsung dihari yang sama setelah dilakukan pengambilan sampel, apabila tidak diperiksa langsung bisa disimpan dikulkas bukan freezer, dan apabila tidak segera diperiksa bisa diawetkan dengan formalin 5-10%. Cara pengujian sampel feses menggunakan metode apung dan sedimentasi, serta cara identifikasi telur cacing, protozoa dan parasit darah saat pemeriksaan di mikroskop. Untuk meningkatkan keterampilan petugas juga diadakan kegiatan praktik pengujian sampel feses.

Peserta sangat antusias dan berharap kegiatan-kegiatan seperti ini harus sering dilakukan untuk mengupdate ilmu dan meningkatkan keterampilan dengan materi yang berbeda-beda. In House Training ditutup dengan memberikan post test kepada peserta pelatihan yang tujuannya adalah mengukur sejauh mana peningkatan pemahaman peserta terhadap materi yang disampaikan. Hasil analisa menunjukan bahwa terjadi peningkatan rata-rata nilai post test sebesar 79%, sehingga dapat disimpulkan ada peningkatan pemahaman peserta terkait In House Training Parasitologi.

Sambutan